Selasa, 29 April 2008

GOMBAL (especially when he's away)

Definisi:
Jawa : Baju-baju bekas.
Ind : Kata-kata manis yang diucapkan, namun masih mengandung tanda tanya tentang kebenaran nya. Biasanya diucapkan oleh seorang pria terhadap wanita atau sebaliknya.

Gombal,makna harafiah yang sangat sukar untuk dijabarkan. Pertama kali saya mengerti arti gombal, saya menangkap bahwa ada konotasi negatif pada makna nya. Dan semakin dewasa saya mengerti biasanya istilah ini digunakan dalam hubungan pria dan wanita dalam rangka rayu merayu (wah). Contoh-contoh 1001 macam gombalan mungkin sudah banyak yang hafal hehe. Saya hanya ingin bercerita dan berpendapat mengenai kenapa harus ada gombalan dan segala sesuatu yang melatarbelakanginya serta implikasi-implikasi yang mungkin akan ditimbulkannya.

Ketika saya masih sangat muda dan belum terjun langsung ke dunia romantika antara pria dan wanita biasanya saya hanya bisa tertawa dan menertawakan terhadap korban-korban pergombalan ini. Pada waktu itu saya menganggap bahwa wanita (maaf dalam hal ini saya lebih banyak menyoroti korban gombal adalah wanita) yang menjadi korban gombalan ini biasanya yang berpendidikan rendah dan lugu yang tidak mengerti tipu muslihat pria, serta dilakukan oleh laki-laki yang memiliki pendidikan rendah pula.

Tapi semakin saya dewasa, saya pun akhirnya mengalami hal ini. Tersebutlah beberapa kisah pahit di masa lalu dimana saya menjadi korban gombalan pria-pria ini. Walah. Dan akhirnya saya pun harus meralat anggapan saya bahwa ternyata korban gombalan itu bisa siapa saja baik wanita berpendidikan maupun tidak, bahkan pelaku pergombalan ini pun bisa dari kalangan terpelajar dan terhormat (seperti yang pernah saya alami :p).

Saya berhasil menemukan artikel yang mengupas mengapa pria suka menggombal-apalagi melalui telepon atau internet-(tentu saja gombalan yang masih diragukan kebenarannya), berasal dari majalah CLEO Malaysia edisi Januari 2007. Saya akan mencoba mengutip beberapa bagian dari artiel ini dalam bahasa aslinya agar tidak terjadi kesalahan makna.

The phone rings. You pick it up. It's him. You haven't seen each other for ages and your hearts pounds as he says how much he loves you/misses you/is mad about you. But beware, don't believe in everything you hear.
Okay, believe it if you must. There are, after all, guys who genuinely mean what they say to their girlfriend on the phone/chat. Trouble is, They're in the minority..
Most men (like the writer himself said), find it too easy to say to one thing on the phone then another to your face(or, the same thing, but less enthusiastically). You see, when he's talking to you on the phone/messenger he knows you're miles away. The way he looks at it, he needn't be immediately responsible for what he's saying. Well, not until he sees you, anyway.
So, why is a man ultra nice on the phone?it's because he wants to be loved. And this means his conversation is designed, not necessarily consciously, to give him the affection he craves. And who can blame him???.


Jawaban lain diberikan oleh seorang kakak angkat sekaligus my love-coach. Mudah-mudahan dia tidak keberatan saya kutip rekaman chat kami pada seksi lesson in love beberapa hari yang lalu.
(4/28/2008 9:57:49 PM): laki2 semua ngegombal beib
(4/28/2008 9:57:50 PM): termasuk gw
(4/28/2008 9:57:56 PM): buat dapetin apa aja
(4/28/2008 9:58:01 PM): percaya deh

Wah menurut pendapat dia, laki-laki pasti menggombal untuk mendapatkan keinginannya.
Ada lagi nih terusannya,

(4/28/2008 9:58:16 PM): tp lu jg kadang2 seneng di gombalin
(4/28/2008 9:58:34 PM): yah wanita emg tau itu gombal, tp mreka seneng.

Well, do we (women) really want to be fooled? It's a pretty tough question. Mungkin kami kaum wanita memang senang mendengar kata-kata manis dari seorang pria. Tapi yang kami inginkan adalah kata-kata manis yang diucapkan dari lubuk hati terdalam. Sounds demanding? tapi saya yakin tidak ada wanita di dunia ini yang hanya ingin dibohongi. Jika pria hanya ingin menggombal untuk mendapat yang dia inginkan, well, it had better you go to hell man, :P.

Jawaban lebih bijak saya dapat dari seorang teman, ketika saya tanya masalah ini:

(4/30/2008 6:37:29 PM): gombal kan salah satu bentuk cinta
(4/30/2008 6:37:48 PM): jadi ga enak klo ga gombal
(4/30/2008 6:38:19 PM): tp gombal gw buat orang tertentu
(4/30/2008 6:38:32 PM): ga semua orang

Hmm, nampaknya saya agak setuju dengan pendapatnya. It's Ok jika seorang pria menggombali seorang wanita yang benar-benar ia cintai, dan bukan nya kepada setiap orang.

Tidak ada komentar: