Jumat, 26 September 2008

LOLITA


Sebuah novel klasik karya Vladimir Nabokov. Diterbitkan pertama kali pada tahun 1955. Merupakan salah satu dari lima karya terbaik yang ditulis pada abad 20 menurut majalah TIME. Dan novel ini hampir pasti menjadi salah satu favorit pembaca dimanapun. Kisah yang sangat menarik sekaligus kontroversial, sehingga sempat dilarang terbit di Amerika,bahkan Australia pertama kali mengijinkan penerbitan novel ini baru pada tahun 1999.

Novel ini ditulis berdasarkan sudut pandang tokoh utama nya, Humbert Humbert, seorang professor sastra berusia 42 tahun yang jatuh cinta pada gadis berusia 12 tahun bernama Dolores Haze (di dalam novel ini juga ditulis sebagai Dolly, L, Lo, Lolita). Humbert yang nge-kos di rumah ibu Dolores yang janda, tertarik dan terobsesi oleh Dolores. Untuk selalu dapat berdekatan dengan Lolita, maka Humbert menikahi Charlotte Haze. Setelah Charlotte tewas dalam sebuah kecelakaan maka Humbert membawa Lolita berkeliling Amerika.

Kisah ini cukup kompleks dan mengorek rasa ingin tahu kita. Walaupun ia selalu tertarik kepada gadis-gadis belia, namun ia menolak disebut sebagai paedophillia ataupun seorang penjahat kelamin. Dalam narasi yang ia tulis, kita dapat melihat bahwa kelainan yang Humbert miliki berasal dari luka lama yang belum sembuh, saat ia yang baru berusia 12 tahun kehilangan pacar pertamanya yang meninggal akibat typhus, Annabel Leigh.

Kisah ini adalah sebuah kisah tragis yang dibalut secara satir. Lolita adalah seorang gadis belia yang misterius. Kadang-kadang dia muncul sebagai gadis kecil yang manja, namun kadang dia muncul bak sex goddess. Diangkat ke layar lebar pertama kali pada tahun 1962. Dibintangi oleh Shelley Winters, Peter Sellers dan Sue Lyon yang memerankan Lolita. Pada tahun 1996 dibuat re make nya dengan Jeremy Irons, Dominuque Swain serta Melanie Griffith memerankah tokoh-tokoh didalamnya.

Lolita menjadi sebuah icon bagi kisah cinta gadis belia dengan pria yang jauh lebih dewasa. Sehingga kalau ada seorang ABG pacarang dengan pria dewasa sering di refer sebagai Lolita.

Tidak ada komentar: