Kamis, 12 Maret 2009

Sharing DAAD

karena banyak temen2 yang tanya2 tips DAAD, saya kalo boleh mau sdikit sharing aja buat temen2. Maaf bgt ya kalo yg japri nya belom sempet kebales, soalnya saya kadang masih harus kerja sampe sore/malem (kejer setoran ceritanya :P). nyuwun ijin curhat ya :D, soalnya kemaren ada yang tanya2 detil sampe idola segala sih he he.

Aduh mulai nya gimana ya..
Saya ngeliat nya sekarang adalah bukti dari power of subconscious mind. Itu aja resep nya. Saya pernah baca buku Power of Subconscious Mind by Yohannes Murphy. Wah itu inspiring bgt. Buku nya jadul sih tapi tetep konstektual.
Inti nya hati2 dengan alam pikiran bawah sadar, karena itu pasti terjadi.

Jadi puluhan tahun yang lalu ketika masih balita he he I'd always been fascinated by Germany. Suatu saat saya mesti kembali kesana, waktu itu pikiran anak2 saya berkata seperti itu. Di saat SD, SMP, SMA prestasi standar2 aja, pas SMA hampir2an gak naik kelas karena ranking 3 dari bawah dengan nilai matematik yang selalu merah hampir di tiap semester (that's why guys, I chose medicine karena gak ada pelajaran matematiknya). Pas mulai kuliah umur saya masih 16, jadi anak bawang lah . Tapi alhamdulillah bisa selesai sarjana tepat waktu, terus ko as. . pas udah lulus bingung deh. Mau ambil spesialis gak punya duit 400 juta an. Mau PTT ke daerah terpencil, takut. Akhir nya magang di divisi biotek salah satu perusahaan farmasi sambil sekolah2an lagi. Pas udah lulus pengen nya muluk2, kerja di perusaahaan farmasi multinasional - pokok nya masih matre banget deh. Waktu itu sambil nge les2 bahasa jerman segala karena cita2 kerja di Bayer/Schering AG.ha ha ha. Mantan dosen S1 saya sempet telpon2 katanya suruh saya cari beasiswa aja keluar (beliau nyuruh Norway), tapi saya males karena masih money oriented , jadi pas sekolah nya udah dapet saya males untuk follow up cari beasiswa nya, yah pokoknya pemales bgt deh.
Hingga ada turning point dalam kehidupan saya. Saat kehidupan pribadi saya sedang terpuruk , ceileh..tiba2 saya baca koran tentang angka kematian ibu di Indonesia. Saya betul2 tersadar bahwa ternyata kesehatan reproduksi di Indonesia masiiih sangat memprihatinkan. Lalu tiba2 saya memutuskan saya ingin berkontribusi untuk negara ini dengan sedikit pengetahuan yang saya punya, padahal pas kuliah saya paling males sama pelajaran Public Health. Kebetulan saya baca bahwa ada LSM lokal yang bergerak di bidang kespro dan KB, lalu saya join disana sebagai relawan.Lama -lama saya enjoy kerja disana sebagai staf tetap, waktu itu ada tawaran kerja dari perusahaan farmasi nasional terbesar untuk bergabung dengan berat hati saya tolak karena hati saya udah di Kespro. Ya udah deh saya melalui hari2 saya sebagai "orang lapangan" keluar masuk desa atau gang sempit atau tempat2 (maaf) prostitusi untuk melakukan penyuluhan tentang KB, HIV/AIDS, bener2 dari nol lagi saya bekerja ,dengan gaji juga standar UMR :(. Kadang2 saya sedih juga karena gak ngerasa sesuai dengan tingkat pendidikan, tapi ada salah satu milister yang menguatkan hati, katanya rejeki kan gak selalu berupa uang ( mas Luth sorry gw quote ya ucapan nya). Tapi dari situ emang terbukti banyak kesempatan yg saya dapet. Punya acara tetap di radio, ngajar part time di Perguruan Tinggi, jadi trainer Kespro. Saya bersyukur sekali....
Tapi di sisi lain saya juga ngerasa basic pendidikan saya kurang kuat kalo pengen lebih exist di bidang ini, jadi sy kembali ke cita2 awal, pengen sekolah lagi...Karena ortu udah bosen (dan gak punya duit lagi)buat bayarin sekolah, akhirnya saya mesti cari sekolah gratisan dong. Ya sudah cari beasiswa yang emang cita2 dari dulu. Dimulailah perburuan itu :
1. rajin buka 2 lagi files milis beasiswa yang lama (saya udah join dari th 2003)
2. ambil english proficiency test , saya pilih IELTS
3. karena yg buka awal itu DAAD (sekitar agustus), saya mulai cari info sebanyak2 nya ttg DAAD lewat file milis dan googling
4. menentukan jurusan yang saya ambil, alhamdulillah ada yang cocok
5. sebelum ada pembukaan beasiswa DAAD, saya kontak dulu prof di universitas inceran saya. PDKT judul nya , padahal sy tau gak berguna banyak karena Uni pilihan sy gak kasih beasiswa selain dari DAAD. Tapi sy kontak terus, kebetulan keahlian beliau sesuai dengan kerjaan saya, jadi rada enak ngalor ngidul nya.
6. ambil les lagi di Goethe karena dulu sempet DO beberapa tahun.
7. dengan bantuan salah seorang senior milis, tercipta lah masterpiece essay beasiswa itu ha ha ha. Eit, sebenernya template nya saya contek dari essay nya mas Tio dari blog beliau (udah izin kan sy dulu ya mas he he). Di variasi kan sana sini jadi deh si essay yang memusingkan itu. Minta rekomen dari boss, boss sangat membantu banget. Thx Pak Nanang, we love u all.
8. anterin langsung ke DAAD Jkt, diterima Ibu Endah. Komplit kata nya
9. tetep gak PD karena saya ngerasa ada yang kurang, oh ternyata saya salah kirim ijazah. saya kira ijazah dokter itu ijazah akademik, ternyata ijazah profesional. yah tapi apa dikata aplikasi nya udah dikirim. Pasrah dan yakin bakal di reject. Hah baru inget juga ternyata surat rekomendasi dari boss lupa di cap.
10. Cari2 beasiswa lain deh, proses nya sama seperti diatas, tapi kali ini persiapan nya merasa agak lebih baik . Ada yg direject, ada yg udah masuk short listed, ada yg tunggu pengumuman
11. Bln Nov, ada e mail dari uni di Jerman, aplikasi sy udah diterima mereka. Agak optimis karena berarti aplikasi sy gak langsung dibuang ke tempat sampah.
12. Bln Januari, mulai pasrah karena gak ada kabar berita dari DAAD, ditambah baru tau kalo DAAD ,aplikasi nya diadu dengan aplikan2 lain diseluruh dunia.
13. Akhir Januari dapet telp interview dadakan dari prof yang dulu pernah sy kirimin email (mungkin karena pernah kirim email, sy jd masuk shortlisted).

Isi wawancara nya standar : apa yg kamu kerjakan sekarang di tempat kamu bekerja ? (sy jawab petugas outreach KB untuk kaum miskin dan marginal)
kenapa gak kerja di RS? (jawab : concern tentang kespro)
apa yg mau kamu lakukan kalo udah selesai studi ? ( jawab : kembali ke institusi sy sekarang)
dia mancing : kamu mau kerja di pemerintahan? saya jawab TIDAK. saya memilih berkarir di NGO.
kenapa ? saya ingin mem push pemerintah untuk merubah beberapa kebijakan publik yang berkaitan dengan Kes Pro.
tahu DAAD sejak kapan? (sejak saya les di Goethe 5 tahun yang lalu)
udah bisa bhs jerman (nggak, basiiiiiiic bangets)
apa yang anda ketahui tentang DAAD? ( bla2.....ngarang sya seinget nya, singkatan nya aja lupa).
14. Bulan februari sedih, aplikasi sy ditolak DAAD di uni pilihan ke2. Aufwiedersehen Deutschland ...Ada dilema juga di tempat kerja,bener kata mbak Astri, saya bisa terjerumus lembah disini hah ha ha
15. Maret : bangun tidur dapet e mail dari DAAD tentang letter of awardee . Dan masih gak percaya saya ada diantara 7 aplikan yg dapet beasiswa di Heidelberg.
Mungkin ada yang bilang saya beruntung banget karena ini pengalaman saya pertama ngelamar beasiswa dan diterima. Tapi kayak nya road to beasiswa nya ini yg saya pikir jadi kunci kenapa saya dapet beasiswa taun ini. Kerja saya bukan hanya bikin proposal di kantor dan mungkin karena kerjaan sy yg mau gak mau bergaul dengan (maaf) kaum2 termarginal (pekerja seks, ODHA) itu yg jadi unik di mata komite seleksi.Keluar masuk gang kumuh, bersenda guru dengan orang2 yang kita anggap hina, pokok nya distu sya memerankan jadi pekerja sosial dan teman buat mereka dan bukan sebagai dokter.
Kalau IPK, saya gak nyampe cum laude. IELTS, pas2an.
Banyak yang harus kita korbankan untuk mencapai sesuatu. Materi, waktu, atau kesempatan dugem :P.
Satu lagi, I should call it serendipity..Sy penggemar tennis, dan waktu kecil idola saya adalah duo Jerman, Boris Becker dan Steffi Graf. Kampung mereka itu di Bruehl dan Leimen yang termasuk wilayah Mannheim. Dan sekarang saya akan sekolah di Heidelberg deket Mannheim dan sekolah bahasa di Mannheim. What a coincidence.. Mungkin power of subconscious mind itu benar ada nya.

8 komentar:

Anonim mengatakan...

hummmm....
seru2...

insyaAllah saya mo mencoba..hehe
makasih mbk ceritanya.. :)

Nunuk ikhtiarini mengatakan...

thanks atas critanya yg sangat mberikan motivasi bgt, siapapun tnyata bs dapet beasiswa.....yes, i can too...;-)

Unknown mengatakan...

Kalau saya sejak dulu kagum dengan bangsa Rusia (d/h Uni Sovyet). Mudah-mudahan power of subconscious mind berlaku juga untuk saya. Namun sayangnya beasiswa dr Pemerintah Rusia hanya partial...

Unknown mengatakan...

alo mba vita, salam kenal. saya udah bolak balik kirim aplikasi beasiswa selama ini blum ada yg nyangkut. tp memang kita ga boleh patah semangat ya. boleh minta contoh essaynya? kl boleh bisa dikirim ke email saya : s_wohon@yahoo.com. terima kasih mba

Pipiet L. (pipiet_1982@yahoo.com) mengatakan...

Halo Mbak...
wah sharingnya sangat inspiratif...

Saya juga termasuk salah satu pemburu beasiswa nih, boleh saya minta pinjam file essay beasiswa nya?

terimakasih banyak

Unknown mengatakan...

Dear Mb Vita,,

salam kenal yah, nama saya desy apriliani dari Bali.
power of pikiran bawah sadar..aku juga percaya lo..
btw, cerita Mb Vita inspiratif betul, dan saya si kurang suka sama istilah keberuntungan yah, krn pasti selalu ada alasan to dibalik itu??
bolehkan saya minta contoh essay yg uda berhasil mengantar Mb Vita mencapai cita-cita?
jika berkenan mohon kirimkan ke email saya di desyapriliani@ymail.com

thx banget

vita yusadiredja mengatakan...

@ Shinta , Pipit and Desy..
makasi udah berkunjung ke blog saya. maaf baru reply..saya baru posting tentang essay beasiswa saya..semoga bermanfaat ya
Salam,
Vita

Unknown mengatakan...

ADORABLE...!!!
The most important thing yg bisa dicontoh untuk pemburu beasiswa LN adalah benang merah dr kisah mbak... yaitu you did extraordinary one. not many people have a willingness to do such that uncomfortable things; bersibuk2 ria keluar masuk desa, concern dengan kaum minor (most people tend to do reverse one). 4 thumbs for you mbak...

oya, salam kenal... ak novita. kebetulan sempet juga dapet beasiswa s2 di taiwan, tp alhamdulillah dah kembali ke tanah air. ngintip blog mbak coz lg hire beasiswa belanda bantuin adek, seruuu kangen ak baca2 cerita seperti ini hihihihi

btw sori ak pake akun mas aku, abisnya g punya gmail hehe...